Tentang Kebaya

17 Jun 2012 | comments

kebaya.jpg
Tentang kebaya Abad 15-18 Akhir
Kebaya muncul di Indonesia dengan sebutan Kaba yang berasal dari bahasa Arab yang berarti pakaian. Kebaya pada abad ini banyak dibumbui oleh sinkritisme kelas. Bagi para bangsawan kreasi kebaya terbuat dari sutera, beludru dan brokat, sedangkan golongan awam menggunkana katun kasar atau tenun kasar. Dan untuk keturunan Eropa kebaya dihiasi aksen lace di setiap bagian kebaya.

Abad 19-an

Perkembangan kebaya pada zaman ini mengalami masa sulit. Kebaya dianggap sebagai busana yang diperuntukan hanya untuk para pejuang-pejuang pemudi Indonesia. Dengan model yang minimalis dan tidak inovatif. Setelah itu pada tahun 1945 kebaya menjadi sebuah busana yang bisa bernafas di setiap kalangan muali dari orang biasa hingga yang terdidik. Didominasi oleh model Kutubaru dan Encim.

Abad 20-an

Zona Berita awal tahun 2000 perkembangan kebaya sudah mengalami masa yang sangat indah, karena kebaya sudah menjadi sebuah jati diri bangsa Indonesia. Dengan hadirnya berbagai perancang yang mengkhususkan diri mendesain kebaya, kebaya banyak mengalami perubahan seperti potongan, siluet, garis luar hingga pemakaian bahan, payet hingga aneka bordir yang cantik.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright ©. Zona Berita Terbaru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger